beton cor readymix

PROSES PEMBUATAN BETON COR READYMIX CONCRETE

Arthareadymix_ Penggunaan tekhnologi konstruksi beton cor readymix yang tepat merupakan suatu langkah preventif terhadap berbagai macam resiko yang ada terutama untuk mencegah atau meminimalisasi berbagai kerugian terutama kerugian terhadap bencana alam serta berdampak terhadap tinggi rendahnya harga readymix

ArthaReadymix­ Indonesia merupakan pemasok beton cor readymix online yang berdiri sejak tahun 2012, kami bekerja sama dengan PT. Adjie Global Konstruksi dan kami akan memberikan sedikit informasi tentang cor readymix .

beton cor readymix concrete

Proses pembuatan beton cor readymix concrete 

Beton cor readymix concrete

Salah satu wujud keberhasilan program pembangunan adalah tersedianya berbagai fasilitas dan kepentingan umum yang layak dan memadai.

Oleh karena itu kualitas sarana dan fasilitas merupakan aspek penting yang harus diutamakan demi kelancaran proses pembangunan.

Sehingga, unntuk menghasilkan produk pembangunan yang berkualitas dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan kompeten dibidangnya.

Hal ini berkaitan dengan pengembangan tekhnologi dan berbagai inovasi baru yang tepat guna sesuai kebutuhan dan kegunaanya.

Salah satu tekhnologi yang terus dikembangkan untuk mendukung fasilitas umum adalah tekhnologi pembuatan konstruksi readymix.

Tekhnologi konstruksi readymix sangat penting untuk dikuasai mengingat peranan konstruksi readymix yang sangat vital khusunya dalam pembangunan berbagai macam sarana dan fasilitas umum.

Penggunaan tekhnologi konstruksi beton cor readymix yang tepat merupakan suatu langkah preventif terhadap berbagai macam resiko yang ada, terutama untuk mencegah atau meminimalisasi berbagai kerugian terutama kerugian terhdap bencana alam.

Bencana alam, terutama gempa bumi merupakan salah satu resiko yang menuntut kita untuk terus menerus berupaya menciptakan kontruksi bangunan yang aman karena kerugian matrial maupun non material yang sangat besar.

Akibat bencana alam merupakan dampak dari kegagalan konstruksi sebuah bangunan hal ini yang menjdikan alasan bagi kita untuk memahami aspek yang harus diperhtikan dalam membuat konstruksi bangunan yang baik diantaranya adalah proses pembuatan beton cor readymix concrete.

Cor readymix adalah produk yang dihasilkan dari campuran semen dengan beberapa material yang digunakan seperti semen, agregat kasar berupa kerikil dan batu pecah atau biasa disebut dengan split, agregat halus atau lebih dikenal dengan pasir dan air.

Beton cor readymix concrete

Sebagai bahan pendukung campuran semen terdapat matrial lain yang disebut fly ash.

Fly ash

adalah bahan baku terbuat dari sisa pembakaran batu bara yang berfungsi untuk mengefesienkan komposisi readymix dan meningkatkan durabilitas.

Bahan baku jenis agregat kasar bersumber dari batu kerikil sungai atau pecahan batu gunung, agregat kasar dapat dibedakan berdasarkan ukurnya.

Perbedaan ukuran agregat akan menimbulkan pengaruh yang berbeda mudah atau tidaknya proses pengolahan readymix.

Agregat kasar rata-rata berukuran lebih dari 4.75mm, untuk mengetahui berbagai tipe ukuran agregat kasar, kita dapat melakukan tahap pengujian yang disebut dengan proses grading.

Langkah langkah yang kita lakukan adalah menyiapkan peralatan seperti

  • Ayakan, timbangan dan panci untuk wadah matrial.
  • Menyiapkan sample bahan uji yang telah dicuci dan dijemur
  • Menimbang sample matrial tersebut
  • Tuangakan matrial pada ayakan
  • Masukan ayakan pada alat pengayas atau oven agregat
  • Keluarkan ayakan dari oven agregat
  • Lakukan kembali penimbangan pada setiap ayakan.

Dengan proses grading kita akan mengetahui klasifikasi ukuran agregat sehingga akan memudah kan kita untuk menentukn tipe mana yang paling cocok digunakan untuk kebutuhan tertentu.

Bahan baku beton cor readymix untuk selanjutnya adalah agregat halus, untuk matrial bahan jenis ini adalah pasir sungai, pasir gunung.

Sama seperti agregat kasar, perbedaan tipe ukuran agregat halus juga mempengaruhi kemudahan proses pembuatan Cor readymix.

Grading

Pada agregat halus juga dilakukan proses grading untuk mengetahui dan mengelompokan jenis ukuranya. Langkah langkahnya pun sama sepeti proses grading agregat kasar.

Salah satu cara untuk mengetahui jenis pasir yang bagus bisa dilihat dari bentuk dan warnanya.

Pasir yang bagus berwarna hitam dan berjenis kasar, sedangkan pasir yang kurang bagus berwarna coklat.

Untuk memastikan perbedaan pasir yang bagus dan kurang bagus perlu diadakan uji laboraturium salah satunya adalah uji kadar lumpur.

Langkah- langkah dalam uji kada lumpur adalah

  • Memasukan pasir kedalam gelas ukur sebanyak 300ml
  • Masukan serbuk tawas kedalam larutan pasir kemudian tambahkan air kedalam gelas ukur tersebut sampai larutan pasir mencapai skla 500ml.
  • Kemudian kocok gelas ukur tersebut dan diamkan beberapa saat. Minimal 15 menit. Maka perlahan akan terlihat larutn yang bening terpisah dari larutan yang kotor.

Kadar pasir yang bagus terdapat sedikit lumpur sementara pasir yang kurang bagus terdapat kadar lumpur yang banyak.

Kadar lumpur yang tinggi mengakibatkan kuat tekan beton cor readymix menjadi rendah.

Air merupakan komponen pembentuk readymix cor yang berpengaruh sangat penting takaran penggunaan air akan mempengruhi kekuatan cor readymix.

Takaran dari setiap matrial yang digunakan untuk membut readymix cor akan sangat mempengaruhi karakteristik cor readymix yang dihasilkan.

Oleh karna itu kita perlu memahami komposisi takaran matrial yang tepat dalam menentukan kualitas cor  readymix yang di inginkan.

Mix design

merupakan formula atau ramuan yang digunakan untuk membuat readymix cor sesuai dengan jenis kebutuhan, kondisi lingkungan dan tekhnik pengolahan yang digunakan.

Dengan melakukan mix desaign kita dapat memperhitungkan takaran bahan baku yang tepat supaya kita dapat membuat readymix cor berkualitas baik.

Langkah langkah yang dilakukan dalam melakukan prosedur mix design adalah :

  • Menentukan kuat tekan rencana
  • Menentukan perbandingan air semen
  • Menentukan jumlah air rencana yang dibutuhkan disesuaikan dengan tingkat kelacakan dan ukuran batu pecah yang digunakan.
  • Menghitung kebutuhan semen rencana
  • Menghitung volume komposisi beton untuk /1m3.
  • Menghitung jumlah pasir dan batu pecah dalam /1m3.
  • Menghitung berat basah beton dalam /1m3

Langkah –langkah yang akan dilakukan dalam pembuatan cor readymix adalah:

  • Mempersiapkan bahan baku dan peralatan untuk membuat cor readymix
  • Gunakan masker, sarung tangan dan sepatu pelindung untuk keselamatan kerja.
  • Proses perawatan meliputi penyiraman terlebih dahulu untuk matrial yang akan diolah bertujuan untuk membersihkan matrial dari lumpur debu dan benda lain.
  • Proses penimbangan tujuanya adalah untuk menyesuaikan agar takaran dari tiap matrial sama dengan takaran yang telah di design.
Proses memasukan matrial kedalam batcing plant

beton cor readymix

batcing plant adalah alat untuk mencampurkan matrial dasar cor dengan skala dan jumlah yang banyak.

Bagian dari batching plant :

  • Silo: tempat menyimpan semen dan menjaga agar tetap stabil pada kadar yang baik.
  • Belt konveyor: alat untuk menarik matrial kedalam batching plant.
  • Bin : adalah tempat yang berfungsi sebagai pengumpul bahan matrial dengan bantuan loader dan ditarik ke atas
  • Stronge bin : alat yang memisahkan fraksi agregat.
  • Dosage pump: alat penambah bahan tambahan berupa admixture.
  • Tempat penampungan air yang berfungsi untuk mnyuplay air.

Setelah proses kegiatan Mixxing atau pencampuran matrial selesai maka kita telah menghasilkan beton  siap pakai yang biasa disebut dengan readymix cor segar.

Namun secara prosedur readymix cor belum bisa digunakan karena harus melewati beberapa tes pengujian untuk mengetahui kualitas beton.

 

Ada beberapa tes pengujian beton cor readymix segar diantaranya adalah:

  • Uji slump dengan pengujian slump kita bisa mengetahui tingkat kekentalan yang terdapat pada cor ready mix. Nilai standar slump pada cor beton adalah (+- 12).

 

Demikian artikel tentang Proses serta cara pembuatan readymix cor concrete yang baik dan benar.

 

 

Baca Juga : Adhimix Beton Vs Jayamix Beton

Share

Comments (3 Responses )

  1. jual drainage cell - Maret 17, 2018 - 2:09 pm #

    Appreciating the commitment you put into your site and detailed information you
    present. It’s nice to come across a blog every
    once in a while that isn’t the same outdated rehashed information. Excellent read!
    I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to
    my Google account.

Trackbacks/Pingbacks

  1. PENGENALAN BETON COR READYMIX- Arthareadymix Concrete - Maret 4, 2018

    […] Baca selanjutnya : proses pembuatan readymix […]

  2. ADHIMIX BETON VS JAYAMIX BETON - Artha Readymix - Maret 10, 2018

    […] jayamix beton memiliki harga yang bervariasi, sama dengan adhimix beton yaitu tergantung dari formula campuran matrial dasar pembuatan beton cor. […]

Tinggalkan Balasan